Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M. Kn saat membuka Simulasi Aplikasi LPPD di Aula Setdakab Karang Baru, Senin (28/10)

Bupati Aceh Tamiang, Buka Sosialisasi Simulasi Penyusunan LPPD 

ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com - Bupati Aceh Tamiang, H Mursil SH M Kn membuka Sosialisasi dan Simulasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Aceh Tamiang, Berbasis Elektronik, di Aula Setdakab Karang Baru, Senin (28/10/19).
 
Sosialisasi tersebut diselenggarakan selama dua(2) hari dari tanggal 28 Oktober hingga 29 Oktober, oleh Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Aceh Tamiang dengan narasumber  Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdako Bandung, Pagat Risjanuar Passa.
 
Bupati Mursil dalam arahannya menjelaskan, penyusunan LPPD Pemkab Aceh Tamiang itu, berbasis elektronik. Dan juga merupakan yang perdana dilakukan oleh Kabupaten/Kota di Nanggroe Aceh Darussalam, ungkapnya.
 
Kegiatan Simulasi dilakukan untuk meminimalisir kesalahan saat mengimplementasinya di aplikasi. 
 
"Jadi untuk menghindari kesalahan tersebut,  maka hari ini kita hadirkan para pakar ahli dalam penyusunan laporan terkait LPPD ini,  untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang ada ", ujarnya. 
 
Dalam kesempatan itu, Bupati Mursil meminta seluruh ASN di jajaran Pemkab Aceh Tamiang yang ditugaskan untuk dapat mengikuti pelaksanaan Sosialisasi dan Simulasi tersebut. 
 
"Ini benar-benar serius  yang tujuannya ke depan dalam penyusunan laporan yang dimaksud, agar tidak terkendala dan disampaikan sesuai batas waktu yang telah ditentukan,  diharapkan hasil akhir yang positif untuk daerah ", kata Bupati Mursil
 
“Sekali lagi kami instruksikan kepada seluruh para Kepala OPD, agar  membuat terobosan, gagasan, dan inovasi di masing-masing Instansi, guna percepatan penerapan Konsep Smart City dan E-Government di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk meningkat kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat serta memangkas birokrasi,” jelasnya.
 
Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan, Husaini yang juga Ketua Panitia penyelenggara dalam laporannya menyampaikan, bahwa  Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi LPPD tersebut, diselenggarakan guna melatih kemampuan pejabat yang telah ditunjuk dari setiap OPD dalam menyusun Laporan rutin tahunan yang disusun setiap awal tahun berjalan untuk laporan tahun anggaran sebelumnya dengan berbasis elektronik, ujar Husaini.
 
Sementara itu, Kabag Tata Pemerintahan Setda Kota Bandung yang juga narasumber terkait penyusunan LPPD, Pagat Risjanuar Passa, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dari Wali Kota Bandung, Oded Mohammad Danial, atas usaha Pemkab Aceh Tamiang menyajikan LPPD berbasis elektronik.
 
“Atas nama Pemko Bandung, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Aceh Tamiang, yang sudah mengundang kami untuk hadir dalam rangka berbagi inovasi.
 
Terutama yang berkaitan dengan penyusunan LPPD, seperti yang dilakukan di Pemko Bandung sejak tahun 2017 yang sudah mengaplikasikan secara elektronik ", ujarnya.
 
E-LPPD merupakan aplikasi pengisian secara elektronik. Data LPPD dimasukkan ke aplikasi daring (online) dengan besaran nilainya maupun data pendukungnya.
 
Menurut Pagat, sebelum adanya aplikasi LPPD, di Pemko Bandung banyak dihadapkan dengan beberapa permasalahan, seperti form yang tidak terkoordinasi, penanggung jawab tidak jelas, progres kelengkapan data tidak terpantau dan lain sebagainya. Namun setelah hadirnya LPPD, pengkoordinasian menjadi lebih baik, ungkapnya.
 
“Tentu saja saya berharap kedatangan kami tidak sekedar hanya memaparkan dan memperkenalkan aplikasi e-LPPD.
 
Tetapi juga dapat menghadirkan semangat kerja sehingga aplikasi e-LPPD ini dapat diaplikasikan dengan optimal dalam penyususunan melalui LPPD di Kabupaten Aceh Tamiang", ujar Pagat.
 
Hadir dalam pembukaan sosialisasi tersebut diantaranya,Wakil Bupati Aceh Tamiang,Tengku Insyafuddin ST., para Asisten dan Staf Ahli di lingkungan Setdakab, para Kepala Perangkat Daerah, narasumber Bimbingan Teknis dari Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Bandung, para peserta Sosialisasi dan Simulasi dari seluruh OPD dalam Kabupaten Aceh Tamiang. (tarm/ SL/humas)